Banyak orang yang beranggapan bahwa fungal acne merupakan jerawat, faktanya fungal acne bukanlah jerawat melainkan sebuah infeksi yang disebabkan oleh jamur dan biasanya mempengaruhi tubuh kamu, bukan wajah kamu. Yuk kita bahas lebih dalam mengenai fungal acne ini.

Apa Sebenarnya Fungal Acne?

fungal acne sebenarnya adalah infeksi pada folikel rambut yang secara ilmiah disebut Pityrosporum Folliculitis atau Malassezia Folliculitis. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, mengatakan “Malassezia sebenarnya hidup di kulit semua orang. Namun, kadar jamur cenderung meningkat selama cuaca panas dan lembab atau saat kamu berkeringat”.

Tidak seperti jerawat, fungal acne dapat menular dalam jarak dekat, kata Lily Talakoub, dokter kulit bersertifikat di McLean Dermatology and Skincare Center di McLean, Virginia. Karena jamur terlibat, infeksi cenderung menyebar.

Beberapa perbedaan lain diantaranya rasa gatal dan penempatannya. "Jerawat inflamasi cenderung mempengaruhi wajah dan biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi minyak, penyumbatan folikel, pertumbuhan bakteri propionibacterium acnes yang berlebihan, atau perubahan hormonal," kata Idriss. "fungal acne, di sisi lain, sering muncul sebagai papula dan pustula yang seragam di dada dan punggung atau di area pakaian tertutup".

Bagaimana Kita Bisa Mengenali Fungal Acne?

Fungal acne sulit didiagnosis karena sering kali terlihat seperti jerawat biasa, kata Talakoub. Fungal acne biasanya berada di dada, bahu, dan punggung, serta akan muncul dalam jumlah kelompok. "Seringkali fungal acne muncul setelah memakai pakaian ketat, seperti baju selam atau berkeringat di balik pakaian dan tidak langsung mandi" jelas Talakoub.

Bagaimana Cara Mengobati Fungal Acne?

Bergantung pada tingkat keparahan infeksinya, dokter kulit kamu mungkin menyarankan sesuatu yang sederhana seperti sabun mandi atau mereka mungkin meresepkan obat. Mereka kemungkinan besar akan menyarankan untuk memasukkan larutan sulfur topikal ke dalam rutinitas kamu, yang merupakan antijamur dan antibakteri.

Jika infeksi tidak mulai sembuh setelah sebulan, dokter kulit kamu kemungkinan akan meresepkan obat antijamur oral, kata Idriss.

"Mengingat fakta bahwa fungal acne disebabkan oleh pertumbuhan berlebih jamur di dalam folikel rambut, pengobatan oral sistemik biasanya diperlukan untuk menjangkau jauh ke dalam folikel," jelasnya. "Saya biasanya menganjurkan agar pasien saya merencanakan sesi berkeringat (yaitu latihan) 24 jam setelah mereka meminum pil antijamur oral, karena obat tersebut telah terbukti disekresikan melalui kelenjar keringat ke dalam folikel rambut dan ke kulit, yang mana memungkinkan perawatan fungal acne yang jauh lebih efisien dan efektif".

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Sayangnya, kamu tidak dapat benar-benar mencegah munculnya fungal acne. Yang dapat kamu lakukan adalah kamu bisa menjaga kulit kamu tetap kering dan bersih selama beraktifitas dan melepas pakaian yang berkeringat tepat setelah selesai beraktifitas atau berolahraga.