Ketika pergantian musim, gejala seperti kulit menjadi kering, pengelupasan dan kulit kasar semua ada dalam daftar hal-hal yang harus diwaspadai. Namun, terkadang kita bingung sebenarnya kulit kita ini kering atau dehidrasi. Apa perbedaan antara kulit kering dan dehidrasi? Bagaimana membedakan keduanya? Apa yang dapat kita lakukan untuk menyembuhkan keduanya? Yuk kita bahas lebih lanjut.

Perbedaan Kulit Kering Dan Dehidrasi

Menurut Santa Monica, dokter kulit CA Ava Shamban, MD, kulit kering sebenarnya adalah jenis kulit dan dehidrasi adalah kondisi kulit. "Jika kamu memiliki kulit kering, jumlah sebum atau minyak yang dihasilkan jauh lebih sedikit dari biasanya dan kamu kekurangan lipid alami yang diperlukan untuk melumasi, mempertahankan kelembaban dan mendukung pelindung kulit yang kuat." 

Tidak seperti kulit kering, kulit yang mengalami dehidrasi disebabkan karena kekurangan air, bukan minyak. Kulit kamu mungkin berminyak, tetapi kamu masih bisa mengalami dehidrasi kulit. Sumber dari kulit yang mengalami dehidrasi adalah kekurangan air di dalam sel dan di ruang intraseluler. Kulit yang mengalami dehidrasi dapat muncul dengan sendirinya saat kita kekurangan air dalam makanan atau saat kulit kita tidak menyerap kelembaban dengan baik.

Penyebab Kulit Kering Dan Kulit Dehidrasi

Saat kulit kita mengalami dehidrasi, kebanyakan disebabkan oleh iklim, AC dan sistem pemanas, ketinggian, kurangnya perawatan kulit yang tepat, atau kafein yang berlebihan. Kulit kering juga diperburuk oleh usia, hormon, dan kerusakan akibat sinar matahari secara kumulatif juga bisa menjadi penyebabnya. Kulit kering juga bisa disebabkan karena faktor genetik.

Bagaimana Mengenali Perbedaannya ?

Untuk menentukan apakah kulit mengalami dehidrasi, hanya tes cubit yang diperlukan. Jepit area kecil kulit di punggung tangan kamu, tahan selama tiga detik, dan lepaskan. Jika kulit segera kembali ke posisinya, kamu mungkin tidak mengalami dehidrasi, hanya kering. Jika perlu beberapa detik agar kulit kembali ke posisi semula, dehidrasi mungkin penyebabnya. Tes ini juga bisa dilakukan pada bagian tubuh lain seperti perut, pipi atau dada.

Bagaimana Mengobati Kulit Kering Dan Kulit Dehidrasi ?

Untuk menghindari kulit kering sejak awal, hindari membersihkan secara berlebihan dan selalu melembabkan setelah melakukan pembersihan. Membersihkan dengan pembersih dapat menghilangkan faktor pelembab alami kulit dan lipid yang membentuk pelindung kulit, itu juga bisa menjadi penyebab kulit kering.

Untuk merawat kulit yang mengalami dehidrasi, bisa menggunakan pelembab yang lebih ringan yang mengandung asam hialuronat karena berfungsi sebagai pelembab yang membantu mengikat air dan mempertahankan kelembaban. Namun, mengonsumsi makanan yang menghidrasi (mentimun, kubis, stroberi, tomat, dll) dan minum banyak air dapat membantu menyembuhkan kulit dehidrasi dari dalam ke luar.

Jaga Kelembaban Kulit Dengan The Rescue Sheet Mask

Agar terhindar dari kulit dehidrasi, kita harus menjaga kulit tetap lembab sehingga gejala- gejala kulit dehidrasi tidak muncul. The Rescue diformulasikan untuk menjaga kelembaban, membantu regenerasi kulit, menghidrasi kulit wajah, merelaksasikan kulit wajah, serta meredakan kemerahan dan radang pada kulit wajah. 

The Rescue diperkaya dengan :

  • Watermelon Fruit Extract : Kaya akan Vitamin C, tinggi antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas, membantu regenerasi kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, cocok untuk jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat.
  • Niacinamide (Vitamin B3) : Mengembalikan kelembaban kulit yang hilang, meratakan warna kulit dan menyamarkan noda kemerahan dan gelap bekas jerawat, mengecilkan tampilan pori-pori wajah, dan juga menyamarkan garis halus pada wajah.
  • Tiger Nut Grass Extract : Sebagai bahan Antioksidan, menghambat inflamasi pada kulit wajah, merelaksasikan dan melembabkan kulit yang lelah dan membantu penyembuhan lapisan kulit yang rusak.

Beauties bisa mendapatkan The Rescue Sheet Mask di Website, Shopee, dan Tokopedia Beauty Boss. Segera dapatkan The Rescue agar terhindar dari kulit kering dan dehidrasi.