Tiktok Trend : Apakah Klorofil Cair Dapat Membersihkan Jerawat?

Baru-baru ini, ada trend yang berkembang di Tiktok yaitu minum klorofil cair untuk menghilangkan jerawat. Klorofil cair adalah bentuk terkonsentrasi dari zat yang diturunkan secara alami yang memberi pigmen hijau pada tumbuhan dan juga ditemukan dalam sayuran hijau, seperti bayam. Pencarian TikTok "klorofil" mengungkapkan lebih dari 200 juta tampilan terkait dengan tagar dengan pengguna membuat konten tentang minuman hijau yang sedang tren.

Video pertama yang saya tonton dibuat oleh pengguna @ellietaylor929. Dalam video berdurasi 18 detik itu menunjukan kulitnya mulai teriritasi dengan bekas jerawat merah di dahi, hidung, dan pipinya. Dalam waktu kurang dari satu menit, Taylor mendokumentasikan minum klorofil cair "seukuran sendok makanan", yang ditambahkan ke airnya setiap hari. Lebih dari tiga juta orang telah menonton video viral Taylor dan telah melihat perbedaan drastis pada tekstur dan kemerahan kulitnya.

Bisakah Minum Klorofil Cair Mengatasi Jerawat, Hiperpigmentasi, dan Kemerahan?

Dokter kulit bersertifikat Purvisha Patel menjelaskan bahwa klorofil tinggi akan kandungan vitamin C, A, E, dan K, dan memiliki sifat antioksidan. Ini berarti klorofil dapat membantu melawan radikal bebas yang terjadi saat kulit rusak. Menurutnya, klorofil cair bermanfaat jika Anda memiliki peradangan jerawat yang berwarna merah dan meradang. 

Lalu, bagaimana dengan dosis yang disarankan untuk klorofil cair? Berdasarkan dari label dosis harian yang direkomendasikan pada kebanyakan botol klorofil cair adalah 100 mg hingga 300 mg. Apabila dosis ini diganti menjadi sayuran seperti bayam, berapa banyak yang harus kita makan untuk mendapatkan manfaatnya?

Menurut Oregon State University, satu mangkuk sayur bayam memiliki sekitar 24 mg klorofil. Jadi, untuk mendapatkan manfaat maksimal kamu harus memakan 5 - 10 mangkuk sayur bayam setiap harinya.

Meskipun trend ini cenderung minum klorofil, namun ternyata klorofil juga dapat digunakan secara topikal, yang memiliki manfaat tersendiri. Saat menggunakan klorofil secara topikal, ada dua keuntungan yaitu kemampuan antimikroba, yang dapat mengurangi pembengkakan, dan dapat menutupi kemerahan dari kulit yang rentan berjerawat.

Namun, bila digunakan secara topikal, bentuk klorofil ini tidak stabil dan kurang efektif. Ada banyak variabel saat menggunakannya secara topikal, termasuk oksidasi.

Lantas, apakah meminum cairan klorofil menjadi solusi untuk membantu membersihkan kulit berjerawat Anda? Jika Anda sudah makan (atau membuat jus) sayuran hijau, Anda tidak perlu melengkapi diet Anda dengan cairan klorofil ini. 

Atasi Jerawat Dengan The Rescue

Selain dengan menggunakan klorofil cair untuk mengatasi jerawat, Beauties juga bisa menggunakan The Rescue lho! 

The Rescue diperkaya dengan kandungan : 

1. Watermelon Fruit Extract: Kaya akan Vitamin C, tinggi antioksidan melindungi kulit dari radikal bebas, membantu regenerasi kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, cocok untuk jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat.

2. Niacinamide (Vitamin B3): Mengembalikan kelembaban kulit yang hilang, meratakan warna kulit dan menyamarkan noda kemerahan dan gelap bekas jerawat, mengecilkan tampilan pori-pori wajah, menyamarkan garis halus pada wajah.

3. Tiger Nut Grass Extract: Sebagai bahan Antioksidan, menghambat inflamasi pada kulit wajah, merelaksasikan dan melembabkan kulit yang lelah dan membantu penyembuhan lapisan kulit yang rusak.

Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan The Rescue untuk atasi jerawat di kulit mu. Beauties bisa mendapatkan The Rescue di Website Beauty Boss, Tokopedia & Shopee.