Apa Itu “Maskne” ?

Maskne atau istilah medisnya acne mechanica adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh pemakaian masker dalam waktu lama. Masker menimbulkan panas, gesekan dan penyumbatan pada kulit dan bila dikombinasikan dengan lingkungan yang lembab dari pernapasan, berbicara atau berkeringat, ini adalah resep kulit berjerawat loh Beauties. Pori-pori yang tersumbat bisa menjadi penyebab jerawat atau kista jerawat. Selain itu, oklusi yang berkepanjangan, panas dan keringat dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan kasar.

Ternyata maskne bukanlah fenomena baru loh Beauties, karena tenaga medis profesional yang telah memakai masker juga mengalami masalah kulit karena hal ini. Tetapi kondisi ini semakin meluas di kalangan masyarakat umum karena saat ini orang dianjurkan untuk memakai masker di depan umum untuk melawan penyebaran COVID-19

Jerawat  bukanlah satu - satunya masalah yang disebabkan oleh pemakaian masker. Masalah lain yang mungkin timbul antara lain :

  • Allergic Contact Dermatitis  - Beberapa masker yang diproduksi mungkin mengandung bahan kimia yang menyebabkan reaksi alergi. Formaldehida dan bronopol dapat ditemukan di masker bedah polipropilen.
  • Rosacea  - Secara klasik diperburuk oleh panas dan stres, pemakaian masker dapat meningkatkan flare up Rosacea.
  • Seborrheic Dermatitis  - Menyebabkan plak bersisik, kulit meradang, dan ketombe membandel.
  • Folliculitis   - Saat jamur atau bakteri menginfeksi folikel rambut.

Cara Mencegah Maskne

Untuk terhindar dari “Maskne” ada 6 tips perawatan kulit untuk melindungi wajah kamu antara lain :

  • Cuci muka kamu terlebih dahulu  - Gunakan pembersih lembut yang bebas dari wewangian dan minyak, lalu bilas dengan air hangat. Ini mencegah kotoran dan minyak terperangkap di permukaan kulit, yang menyebabkan jerawat. Wajahmu harus selalu bersih ya Beauties sebelum memakai masker.
  • Cuci masker kamu - Jika mengenakan masker kain, gunakan paling lama hingga 6 jam ya Beauties, sebab permukaan masker tersebut sudah terkontaminasi kulit mati, sebum dan dapat menyebabkan perkembangan bakteri pada kulit wajah kamu sehingga sebaiknya kamu mengganti masker setelah 6 jam, dan langsung cuci masker setelah beraktifitas.
  • Pilih sabun cuci & pelembut bebas pewangi - Wewangian dapat mengiritasi kulit wajah loh Beauties, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan sabun cuci untuk bayi atau deterjen tanpa pewangi ya untuk mencuci masker kain kamu ya. 
  • Jauhi kandungan yang mengiritasi kulit - Jauhi produk perawatan kulit yang mengandung Benzoyl Peroxide, Retinol, dan Asam salisilat. Kandungan aktif tersebut akan lebih mengiritasi kulit dibawah masker. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu gunakan ya Beauties.

Cara mengatasi Masalah Kulit Akibat “Maskne”

Beauties dapat mengatasi masalah kulit akibat “maskne” dengan menggunakan sheet mask terbaik dari Beauty Boss yaitu The Rescue dan The Lift Job. Untuk membantu menenangkan kulit, melembabkan dan membantu menyegarkan pori - pori kulit, kamu bisa menggunakan The Rescue. Untuk kamu yang ingin menghilangkan bekas noda jerawat, mencerahkan kulit dan membuat wajah kamu glowing kamu bisa menggunakan The Lift Job. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya Beauties. Kamu bisa mendapatkan The Rescue dan The Lift Job di Beauty Boss SkincareShopeeTokopediaBlibliLazadaiLotte dan The Shonet. Segera dapatkan The Rescue dan The Lift Job Sheet Mask sebagai jawaban untuk “maskne” Beauties!